Malang City
Universitas Muhammadiyah Malang
Malang City
Universitas Muhammadiyah Malang

Mewujudkan Kota Ramah Merupakan PR Kita Bersama

Author : Administrator | Rabu, 14 Mei 2014 10:50 WIB

Untuk membuat Kota Malang semakin nyaman, sehat, dan semakin sejahtera, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang kembali membuat gebrakan. Kali ini langkah yang dilakukan adalah dengan menggelar Workshop Pengembangan Atribut Kota Hijau 2014 di Hotel Trio 2, Selasa (13/05).

Sekretaris Daerah Kota Malang, DR. Drs. H. Shofwan, SH, M.Si mengungkapkan harapannya dari kegiatan workshop kali ini Kota Malang bisa semakin sehat dan semakin indah. Diantaranya bisa ditunjukkan dengan harus semakin banyaknya jalur khusus bagi pejalan kaki di jalan-jalan di Kota Malang.

 “Kalau dahulu gersang, saat ini di sepanjang jalan di Kota Malang harus semakin dihijaukan dengan berbagai tanaman,” jelas Shofwan, Selasa (13/05).

Untuk mewujudkan kota yang ramah, diakui Shofwan merupakan PR (pekerjaan rumah) bersama dari segenap jajaran pemerintahan dan masyarakat Kota Malang. Dari kegiatan ini diharapkan lahir sebuah dokumen yang bisa semakin menghijaukan Kota Malang.

“Secara bertahap walaupun tidak bisa langsung, jalan-jalan di kiri kanan jalan umum di Kota Malang harus dihijaukan lagi dengan berbagai tanaman,” terang Shofwan.

Bukan hanya masalah jalan yang ramah lingkungan saja, sebagaimana halnya di negara-negara maju, sudah saatnya di Kota Malang juga melakukan pengelolaan tinja secara terpadu. Sehingga tinja yang selama ini menjadi masalah, bisa diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan banyak manfaat.

“Saya sudah pernah ke Solo, di Solo ada bangunan pengelolaan tinja secara terpadu yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Jika hal ini bisa dilakukan di Kota Malang tentu sangat baik,” terang Shofwan.

Kepala DKP Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH mengatakan Workshop P2KH (Program Pengembangan Kota Hijau, red) kali ini dimaksudkan untuk memberi masukan terkait P2KH di tahun 2015. Kegiatan ini diikuti peserta dari perguruan tinggi, komunitas, dan jajaran SKPD (satuan kerja perangkat daerah). “Kegiatan ini adalah upaya untuk mewujudkan green city (Kota Hijau) di Kota Malang, “ kata Wasto. (cah/yof)


Sumber: http://www.malangkota.go.id/baca/berita/detail/140520147602#ixzz31esbZN5b

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image