Malang City
Universitas Muhammadiyah Malang
Malang City
Universitas Muhammadiyah Malang

Canggih, Gelang Berkamera Ini Bisa Terbang

Author : Administrator | Selasa, 04 November 2014 11:20 WIB
Sumber: Viva News


Nixie, drone Wearable yang bisa terbang dan memotret dari langit
Nixie, drone Wearable yang bisa terbang dan memotret dari langit
VIVAnews - Ini merupakan drone model baru yang belum pernah ada sebelumnya. Disebut Nixie, sebetulnya adalah sebuah wearable di pergelangan tangan yang bisa terbang.

Drone wearable ini dilengkapi dengan kamera kecil. Jika ingin mengambil gambar maupun video, pengguna tinggal memencet tombol yang ada. Seketika, wearable yang tadinya melingkar di pergelangan tangan langsung membuka empat kakinya dan bergerak melayang. 

Nixie juga dilengkapi sensor gerak yang bisa melacak seseorang. Ini bisa dijadikan sebagai perangkat selfie. Setelah gambar atau video sukses diambil, Nixie bisa kembali melingkar di pergelangan tangan,s sesuai dengan self timer yang telah diatur sebelumnya. Bisa juga memerintahkan Nixie untuk kembali hanya dengan gerakan tangan.

Wearable terbang ini dikembangkan oleh Dr Christoph Kohstall. Ia merupakan peneliti fisika dari Stanford University. Dalam penemuan ini, ia dibantu beberapa koleganya, Jelena Jovanovic dan Michael Niedermayr.

Mereka membuat perangkat tersebut dan menyertakannya dalam kompetisi yang dibuat Intel. Kompetisi tahunan bertajuk Make It Wearable ini menobatkan Nixie sebagai pemenang pertama dan berhak atas hadiah US$500.000. Dana itu bisa digunakan untuk membuat konsep Nixie masuk ke tahap produksi.

Kompetisi ini dibuat Intel sebagai bagian untuk mencari produk wearable yang kompeten. Terbuka bagi siapa saja, mulai dari pelajar usia 13 tahun, desainer, teknisi dan ilmuwan. 

"Ini merupakan uji coba untuk melihat apa yang kita bisa lakukan di dunia ini, dan melihat kreativitas apa yang bisa kita kembangkan. Nilai sejatinya adalah perbedaan dalam ide di masing-masing tim," ujar CEO Intel Brian Krzanich, seperti dikutip Daily Mail, Selasa 4 November 2014.

Saat ini, produsen teknologi sedang berlomba untuk menguasai pasar wearable. Samsung Electronics, Motorola, dan perusahaan teknologi lain sedang mengembangkan gelang fitness dan arloji pintar. Namun belum ada yang bisa menarik pasar. Apple sendiri baru akan meluncurkan smartwatch-nya pada 2015 nanti.

Intel, produsen chip yang banyak digunakan di PC dan server, menciptakan pelacak kesehatan bernama Basis. Mereka juga dikabarkan telah bekerja sama dengan produsen jam tangan Fossil untuk membuat gadget wearable. (ita)




http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/554616-canggih--gelang-berkamera-ini-bisa-terbang
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image